Wisata rumah pohon yang berada di desa Tombo sampai saat ini masih ramai dibanjiri para pengunjung, objek wisata yang terbilang baru ini memang mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga Wisatawan di buat penasaran ingin melihat langsung seperti apa panorama alam dan kesejukan yang ditawarkanya. Mau tau seperti apa rumah pohon ini? yuk kita simak pembahasanya.

Panorama Indah khas Rumah Pohon

 

Lokasi Rumah pohon ini terletak di desa Tombo, kecamatan Bandar, kabupaten Batang. Nah untuk menuju kesini bukanlah hal yang sulit, hanya berjarak 20 Km dari pusat kota Batang. Lebih mudahnya pertama-tama kita cari pasar Bandar terlebih dahulu, kemudian belok kanan. Dari situ lurus saja terus kemudian belok kiri di pertigaan sebelum kolam renang Binarangut. Dari pasar Bandar kita perlu menempuh jarak kurang lebih 15 menit agar bisa sampai ke lokasi.

 

Medan menuju kesana cukup nyaman, karena jalanan sudah diaspal dan jarang terdapat kerusakan. Selama perjalanan kita akan melewati medan yang naik dan turun serta berkelok kelok, maklum saja karena lokasinya berada di daerah dataran tinggi. Untuk menuju kemari kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Nah buat anda yang baru pertama kali kesini nggak usah khawatir, karena di beberapa tempat sudah dipasang papan petunjuk arah ke rumah pohon. Jadi tinggal ikuti saja petunjuk arah tersebut nanti akan sampai di lokasi.

Setelah sampai di lokasi kita bisa memarkirkan kendaraan di lapangan besar yang sudah disediakan. Kita harus membayar parkir terlebih dahulu sebesar Rp2.000,00 untuk satu  motor dan Rp5.000,00 untuk satu mobil. Sebelum masuk kedalam lokasi didekat parkiran ada beberapa kios jajanan atau warung kopi, buat anda yang lupa bawa bekal atau belum makan bisa mengisi perut disini, karena didalam sekitar lokasi rumah pohon sudah tidak ada yang jualan lagi. Selanjutnya, kita bisa langsung menuju ke pintu gerbang dan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 per orang. Semua biaya Wisata disini terbilang cukup terjangkau karna harga yang ditawarkan sangat bersahabat.

Dari pintu masuk kita harus berjalan kurang lebih 100 meter agar bisa sampai di lokasi. Nah uniknya disini ternyata ada 2 buah rumah pohon, satu diatas yang berwarna merah dan satunya lagi dibawah. Sampai disinianda bisa bebas memilih mau mendahulukan rekreasi yang mana, keduanya sama-sama menarik. Atau kalau mau istirahat dulu juga tidak masalah, karna diantara kedua pohon ini ada beberapa gubuk dan gazebo yang bisa kita manfaatkan untuk beristirahat sambil menikmati panorama alam diantara dua rumah pohon ini. Jika anda membawa anak kecil, di lokasi ini anak-anak juga bebas bermain karna di wisata rumah pohon ini terdapat taman yang cukup luas. Perlu kamu ketahui, semua bangunan yang ada di sekitar wisata rumah pohon ini terbuat dari kayu, mulai dari Zajebo, Gubuk, tempat duduk, hingga rumah pohon. Jadi bangunan nya bisa dipastikan aman dan kokoh ya?



Buat kamu yang sedang asyik menikmati panorama alam di rumah pohon sebaiknya tetap hati-hati, karena memang belum dilengkapi dengan pengamanan yang lebih. Nah ada lagi nih, jika pada hari libur tempat ini akan ramai, jadi wisatawan harus bergantian untuk menikmati pemandangan bukit yang indah dari atas rumah pohon. Selain itu wisatawan juga dibatasi maksimal 10 menit diatas rumah pohon. Ini demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Dari rumah pohon kita bisa menikmati keindahan alam berupa area perbukitan, pemandangan gunung yang menjulang, jurang yang curam, pepohonan lebat yang mengelilingi desa Tombo. Pemandangan alam yang hijau dan ditambah birunya langit serta suara aliran sungai yang terdengar deras dari bawah dasar jurang akan membuat suasana semakin sejuk, sehingga kita akan betah berlama-lama di kawasan wisata rumah pohon ini.

Menurut informasi yang didapat,  rumah pohon ini dibuat dan diresmikan menjadi tempat wisata sekitar tahun 2015 yang lalu, masih cukup muda ya?  Tempat ini juga  dikelola oleh warga setempat. Warga di desa Tombo ini terbilang sangat ramah, jadi jika anda membutuhkan bantuan anda bisa meminta tolong kepada warga setempat.

 

 

Saat berada disini anda pasti akan mendengar suara gemercik air yang mengalir. Pasti pada penasaran kan, dimana kita bisa melihat sungainya? Oke baiklah, jadi jika kita berada di rumah pohon merah yang berada diatas, kita akan melihat aliran sungai yang mengalir deras dan jernih yang berada di dasar jurang. Jadi nggak tanggung-tanggung ya keindahanya. Dari sini, kita bisa menikmati beberapa panorama yang jarang kita jumpai jika berada di kota, seperti :  rumah pohon, hutan, taman, pegunungan, area pemukiman, serta sungai yang membuat anda semakin terhipnotis oleh panorama alam yang sangat eksotis dan menenangkan.  Wah kayaknya bakalan nyesel deh jika anda berkunjung ke Batang tapi tidak sempat mampir kesini.

Di lokasi rumah pohon ini juga sudah disediakan Toilet dan beberapa tempat sampah yang akan membuat anda semakin nyaman. Tapi, untuk tempat ibadah dan padepokan bisa anda dapatkan di sekitar pemukiman warga.

Jangan kaget apabila kamu kesini pas hari libur tempat ini akan dibanjiri para pengunjung. Untuk mensiasatinya supaya kita bisa puas berada disini datanglah pagi-pagi sekitar pukul 08.00 WIB karena pada jam itulah tempat ini dibuka, lalu tutupnya pada pukul 17.00 WIB. 
Dan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri silahkan buang sampah pada tempatnya

 MC Batang Jateng/Chacha – (02/11/2017)